Mengenal Sosok Dominik Szoboszlai, Wonderkid Ajaib yang Sukses Hipnotis Para Raksasa Eropa

Sosok Dominik SzoboszlaiBaru-baru ini nama Dominik Szoboszlai kerap muncul di sejumlah laman media olahraga, terutama sepakbola. Ia terus dikaitkan dengan klub-klub raksasa Eropa seperti AC Milan, Chelsea, hingga Arsenal.

Namun, siapakah sebenarnya Dominik Szoboszlai? Apakah talentanya memang sehebat pemberitaan di media? Pantaskah ia disandingkan dengan Erling Haaland atau Kylian Mbappe?

Berasal Dari Keluarga Pesepakbola

Dominik Szoboszlai merupakan pesepakbola muda berkebangsaan Hungaria yang kini tengah naik daun bersama RB Salzburg. Ia lahir di Budapest pada 25 Oktober 2000.

Sejak kecil, Szoboszlai telah akrab dengan sepakbola. Ayahnya, Zsolt Szoboszlai, merupakan mantan pesepak bola profesional di Hungaria dan sempat menjadi pelatihnya di klub bernama Videoton. Namun, sang ayah kemudian dipecat karena tak mau memainkan putranya ke tim senior.

Beberapa waktu berselang, Szoboszlai bersama sang ayah dan juga dua pemain muda lainnya membentuk sebuah klub baru bernama Fehervar. Klub tersebut mampu berkembang pesat hingga menjadi salah satu raksasa di liga profesional Hungaria saat ini.

Pada usia 17 tahun, Szoboszlai hijrah ke Austria untuk bergabung dengan klub kasta kedua, Liefering. Szoboszlai sukses menjadi tulang punggung klub tersebut walaupun usianya masih belia. Ia mampu torehkan 10 gol dari 33 penampilan selama semusim bersama Liefering.

Memiliki Talenta Hebat

Pada musim berikutnya, Szoboszlai direkrut oleh raksasa Bundesliga Austria, RB Salzburg. Di sinilah sinar Szoboszlai mulai terpancar. Sempat menjadi pemain pelapis pada musim pertamanya, Szoboszlai berhasil merebut tempat utama di skuad inti.

Ia tampil memukau dalam 29 pertandingan di Bundesliga Austria dengan sumbangan 9 gol dan 3 assist. Szoboszlai menjadi andalan di lini depan Salzburg bersama Erling Haaland, Takumi Minamino dan Hwang Hee Chan.

Sayangnya, ketiga rekan Szoboszlai tersebut meninggalkannya pada tahun ini. Haaland memilih pindah ke Dortmund setelah diburu beberapa klub raksasa. Minamino hijrah ke Inggris untuk bergabung dengan Liverpool. Sementara Hee Chan bergeser ke klub saudara, RB Leipzig.

Meskipun tanpa sejumlah rekan istimewanya, Szoboszlai masih menunjukkan sinar cerahnya. Ia mampu tampil cemerlang di awal musim 2020/2021 ini. Szoboszlai berhasil menorehkan 1 gol dan 5 assist di Bundesliga serta 4 gol di Liga Champions.

Di usianya yang masih 20 tahun, Szoboszlai menjadi salah satu gelandang terbaik Eropa saat ini. Gaya bermainnya dianggap mirip dengan Paul Pogba atau Toni Kroos.

Szoboszlai dinilai sebagai salah satu pemain sayap yang tak biasa. Pasalnya, tidak seperti kebanyakan winger, Szoboszlai lebih sering melakukan tusukan ke tengah lapangan dan melepaskan umpan terukur atau tembakan keras.

Calon Bintang Serie A

Permainan apik Szoboszlai menyihir setiap pasang mata yang melihatnya. Statistik cemerlangnya juga memikat hati klub-klub raksasa Eropa.

Beberapa pekan belakangan ini, namanya kerap dikaitkan dengan sejumlah klub elit di benua biru. AC Milan dikabarkan menjadi peminat pertama dan yang paling serius dalam berburu tanda tangan Szoboszlai.

Selain Milan, masih ada klub-klub lain yang mengantri untuk mengajukan tawaran kepadanya. Inter Milan, Lazio, Chelsea dan Arsenal merupakan beberapa klub elit yang menjadi peminat Szoboszlai. Bahkan, raksasa La Liga, Real Madrid baru-baru ini dikabarkan juga turut dalam perburuan ini.

Meski rumor transfer tentang dirinya berhembus kencang di berbagai media, Szoboszlai tampak masih tenang. Ia belum memberikan jawaban terkait rumor tersebut. Namun, dalam beberapa kesempatan, Szoboszlai mengaku tertarik untuk merumput di Italia. Dengan ini, namanya akan menjadi salah satu bintang masa depan di kompetisi elit Serie A. 

Komentar